Kamis, 21 Juli 2011

0 Contoh Desain Praktek Profesi Mahasiswa (PPM)


Jangan Lupa Tinggalkan Komentar Kalian Ya...!!!





DESAIN PRAKTIK PROPESI MAHASISWA (PPM)
di KBIH  PERSATUAN ISLAM (PERSIS) Kota Bandung
Jl. Perintis Kemerdekaan No. 02 Bandung

“Diajukan Untuk Memenuhi Syarat Akademik Praktek Propesi Mahasiswa (PPM) di Jurusan Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah dan Komunikasi ”


      

LOGO
       UNIVERSITAS        

                                                      

NAMA
NIM
JURUSAN

FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
SUNAN GUNUNG DJATI
BANDUNG
2011





KATA PENGANTAR
Assalamu’alaikum Wr.Wb
Segala puji syukur atas rahmat dan karunia yang tidak terhingga senantiasa penyusun panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan kesehatan dan kemampuan untuk menyelesaikan Desain Praktik Propesi Mahasiswa (PPM).
Shalawat Beserta Salam Semoga tetap terlimpah curahkan kepada baginda Nabi Muhammad SAW, kepada keluarga, sahabat, serta sampailah kepada kita selaku ummatnya sampai akhir zaman. Tidak Lupa Penyusun mengucapakan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh pihak yang telah membantu kami dalam menyelesaikan penyusunan ini antara lain :
1.      Orang tua tercinta.
2.      Drs. Hamzah Turmudi, M.Si, selaku ketua jurusan Manajemen Dakwah.
3.      Dr. Dewi Sadiah. M.P.d, selaku dosen pembimbing Praktek Profesi Mahasiswa (PPM).
4.      Kepada Bpk H. Oim Abdurrochim, selaku Sekretaris Umum KBIH PERSATUAN ISLAM (PERSIS) Kota Bandung.
5.      Dan juga pihak responden KBIH PERSATUAN ISLAM (PERSIS)  Kota Bandung.
6.      Beserta seluruh rekan-rekan seperjuangan yang bersama-sama melaksanakan Praktek Propesi Mahasiswa (PPM).

Selain dari pada itu  sebagai proses evaluasi guna membangun kesadaran nalar dan kemampuan untuk mencapai kesempurnaan, penyusun memohon kritik dan saran yang membangun demi kelancaran bersama, dengan harapan semoga Desain Praktik Propesi Mahasiswa (PPM) yang saya susun jauh lebih bermanfaat di dunia dan akhirat.
Wassalamu’alaikum Wr.Wb.


Bandung, 01  Juli  2011
Penyusun



A.    Dasar Pemikiran
Seorang mahasiswa bisa mendapatkan suatu materi dari perkuliahan melalui dosen yang bersangkutan. Akan tetapi, ada banyak hal yang tidak mudah untuk dipahami secara langsung dari perkuliahan, yaitu praktikum yang membutuhkan aplikasi nyata dari materi-materi yang telah diajarkan. Perkuliahan yang dilakukan di ruangan dan praktikum yang dilakukan di kelas  saja tidak cukup untuk menjadi bekal bagi mahasiswa di masa yang akan datang. Oleh karena itu, diperlukan suatu pembelajaran yang nyata dari lembaga ataupun industri agar dapat dijadikan pengalaman yang berharga dan menciptakan mahasiswa yang berkompeten sesuai dengan bidangnya, sehingga kemampuannya tidak akan diragukan ketika terjun ke dunia luar.
Dan tentunya Proses pembelajaran dalam pengembangan suatu kajian keilmuan, haruslah disertai kesinambungan antara dasar nilai teoritis yang kemudian ditunjang dengan analisis dan praktik lapangan, sehingga akan menghasilkan keilmuan yang sesuai dengan kebutuhan di setiap zamannya.
Terlebih, alangkah lengkapnya apabila semua pengkajian direlevansikan dengan kondisi objektif lapang karena pada prinsipnya setiap kebutuhan akan berkembang dengan permasalahannya. Salah satu permasahan yang dimaksud diatas adalah persoalan haji yang selama ini dianggap sebagai wilayah penyelesaian persoalan umat, khususnya umat Islam, karena potensi kegiatan bimbingan haji merupakan aset terbesar dalam pengembangan kesejahteraan dan memudahkan umat untuk mempelajari tentang tata cara melaksanakan haji, dan tidak heran jika  mucul lembaga-lembaga KBIH yang memposisikan untuk lebih fokus dalam melaksanakan bimbingan haji.
Jurusan Manajemen Dakwah adalah sebuah jurusan yang memfokuskan pengkajiannya pada tujuh ranah atau garapan, diantaranya tentang Manjemen Haji, berangkat  atas dasar dan analisa tersbut, maka di tugaskan oleh pembimbing untuk melakukan kegiatan Praktek Propesi Mahasiswa (PPM) di KBIH PERSATUAN ISLAM (PERSIS) Kota Bandung. Dan yang terpenting dari kegiatan ini adalah sebagai bagian dari kurikulun perkuliahan di jurusan Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung. dengan kajian ke ilmuan Manajemen Haji.
B.     Nama Kegiatan
Nama dari kegiatan ini adalah Praktik Propesi Mahasiswa (PPM) di BAZ Kota Bandung, Jl. Perintis Kemerdekaan No. 02 Bandung tentang :
AKTIFITAS MANAJEMEN HAJI di KBIH PERSATUAN ISLAM (PERSIS) KOTA BANDUNG
C.    Waktu Kegiatan
Waktu Kegiatan akan dilaksanakan selama 2 minggu lebih, terhitung mulai dari tanggal 04 juli sampai pada tanggal  17  Juli 2011 dengan agenda kegiatan yang berbeda.  
D.    Tujuan Kegiatan
Tujuan dari kegiatan ini meliputi:
a)      Sebagai pemenuh syarat akademis perkuliahan di jurusan Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Gunug Djati Bandung.
b)      Menambah wawasan keilmuan mahasiswa Manajemen Dakwah khususnya pada ranah  manjemen HAJI dengan  peraktek langsung di lapangan  terkait masalah pengumpulan, pengelolaan, pendistribusian, pelayanan haji.
c)      Sebagai upaya penyesuaian antara nilai teoritis dengan praktek.

E.     Ketentuan Kegiatan
1.      Pihak mahasiswa bersedia melengkapi persyaratan administrasi yang telah ditentukan dan disepakati oleh pihak responden KBIH PERSATUAN ISLAM (PERSIS)  Kota Bandung.
2.      Kegiatan ini berdasarkan atas kesepakatan antara pihak mahasiswa dengan pihak responden KBIH PERSATUAN ISLAM (PERSIS)  Kota Bandung, yang didukung penuh oleh pihak akademis.
3.      Apabila Selama Kegaiatan ada hal-hal yang menyalahi aturan maka pihak responden KBIH PERSATUAN ISLAM (PERSIS)  Kota Bandung berhak memberikan peringatan, pengarahan, dan mengajukan sanksi.
4.      Setelah selesainya kegiatan ini, maka pihak mahasiswa berhak mendapatkan surat keterangan dari pihak responden KBIH PERSATUAN ISLAM (PERSIS)  Kota Bandung, sebagai tanda bukti telah melaksanakan kegiatan.
F.     Langkah-langkah Kegiatan
Kegiatan ini tersusun atas empat langkah yang terinci sebagai berikut:
a)      Persiapan
Pada tahap ini meliputi, penentuan objek praktik, melengkapi administrasi, dan mempersiapkan perangkat lainnya.
b)      Praktek Langsung
Setelah tahapan pertama terpenuhi maka mahasiswa akan melakukan praktek langsung dengan ketentuan yang telah disepakati bersama.
c)      Penyusunan Hasil Praktek
Penyusunan Hasil Praktek ini dimaksudkan pada saat kegiatan telah selesai maka sebagai bahan laporan hasil dari kegiatan yang akan di ujikan maka akan dilakukan proses penyusunan data hasil kegiatan.
d)     Evaluasi
Yang dimaksud evaluasai pada langkah ini yakni bentuk evaluasi yang dilakukan oleh dosen pembimbing dan pihak responden KBIH PERSATUAN ISLAM (PERSIS)  Kota Bandung, terhadap mahasiswa selama kegiatan berlangsung hingga selesai.
e)      Pengujian Hasil Kegiatan
Dari keseluruhan bentuk kegiatan yang telah dilakukan oleh mahasiswa maka hasil yang diperoleh dari kegiatan ini akan diseminarkan.
G.    Teknis praktek Lapangan
Teknis Praktek lapangan ini terinci atas uraian kegiatan praktek yang dilakukan selama dua  minggu di  KBIH PERSATUAN ISLAM (PERSIS)  Kota Bandung, dengan rincian sebagai berikut :

No
Jenis Kegiatan
Tempat Kegiatan
1.
Silaturahmi Dengan Pihak KBIH Persatuan Islam (Persis) Kota Bandug
KBIH Persatuan Islam (Persis) Kota Bandug
2.
Obsevasi
KBIH Persatuan Islam (Persis) Kota Bandug
3.
Wawancara
KBIH Persatuan Islam (Persis) Kota Bandug

4
Ikut Berpartisipasi/Membantu Pekerjaan  Dalam Kegiatan Kbih Persatuan Islam (Persis) Kota Bandung
KBIH Persatuan Islam (Persis) Kota Bandug
5
Proses Pengumpulan Data
KBIH Persatuan Islam (Persis) Kota Bandug
6
Proses Pelayanan haji
KBIH Persatuan Islam (Persis) Kota Bandug
  
F. Penutup
Dengan tersusunnya Desain Praktik Propesi Mahasiswa ini,  sebagai bahan acuan kegiatan yang akan dilaksanakan sebagaimana yang telah ditentukan maka, saya mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak terkait yang telah bersedia membantu saya dalam menyelesaikan kegiatan ini. Terlebih saya menghaturkan Jazakallah Khairon Katsiro kepada pihak responden KBIH PERSATUAN ISLAM (PERSIS)
Kota Bandug, yang telah bersedia untuk bekerjasama dengan kami, semoga keikhlasan dan kebaikan-Nya dibalas oleh Allah SWT, dan semoga desain ini bermanfaat dunia dan akhirat, Amin.


Bandung, 24  Juli 2011
Penyusun











0 komentar: